Pages

Minggu, 03 Februari 2013

TIPS MENGIKUTI SELEKSI PASKIBRAKA



Ini artikel saya tulis karena saya igin berbagi sedikit pengalaman saya sebelum  menjadi seorang PASKIBRAKA. Sebelum menjadi PASKIBRAKA kita biasanya harus melalui beberapa tes yang tentunya tidak mudah , disini saya akan memberi gambaran tes-tes apa saja yang biasanya terdapat disana 
1.TES PENGUKURAN BADAN
Pada tes ini tinggi badan dan berat badan kita di ukur , nilai anda akan bagus bila tinggi dan berat badan kita ideal , cara menghitung berat ideal yaitu ( tinggi badan – 110 ) , tinggi badan untuk seorang PASKIBRAKA untuk cowok 175cm dan untuk wanita 165cm .
2.TES FISIK
Tes  fisik biasanya di tes langsung dari Polisi dan Tentara dari daerah setempat , saran saya sebaiknya kita harus benar-benar menyiapkan fisik kita dengan matang baik mulai dari latihan fisik secara rutin dan menjaga kesehatan tubuh kita dengan baik
Tes fisik :
-Lari 12 menit
-push up
-sit up
-back up
-lari angka 8

          3.TES WAWANCARA BHS.INGGRIS ,SENI,KESEHATAN, UMUM
Pada tes ini kita benar-benar di uji ilmu pengetahuan kita yang meliputi tes bahasa inggis, seni dan budaya dari daerah dimana kita tinggal, tes kesehatan dan umum.
TES BAHASA INGGRIS : disini kita melakukan tes wawancara yang biasanya ada dua juri yang mengetes kita ,pada tes ini biasanya kita di haruskan menjawab pertanyaan dari tim juri dengan menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar. Pengalaman saya pada tes ini kebanyakan soal pengetahuan umum mulai dari kebudayaan dan seni di daerah kita masing-masing , kemudian kita harus paham tentang arti dari simbol-simbol negara kita . Saran saya, pada tes ini pertama kita harus membuka dengan salam lalu ingat perkenalkan diri kita , usahakan jangan tegang dalam menjawab soal , kita harus pikirkan apa yang akan kita omongkan nanti ketika kita akan menjawab pertanyaan dari tim juri .
TES SENI DAN BUDAYA : pada tes ini kita akan di uji pengetahuan kita dalam bidang seni dan budaya dari daerah kita masing-masing. Biasanya pada tes ini kita akan diminta untuk menyanyikan lagu daerah,lagu nasional, dan tari dari daerah kita. Saran saya kepada teman-teman sekalian agar mempersiapkan diri mempelajari lagu,tarian dari daerah kita .
TES KESEHATAN : pada tes kesehatan kita hanya di tes mata kita , bentuk kaki , dan bentuk tangan .
TES UMUM : disini kita akan di tes ilmu pengetahuan umum kita , pada tes ini biasanya di hujani dengan pertanyaan-pertanyaan yang lumayan banyak yang meliputi semua aspek mulai dari nama pulau, nama sungai, hari-hari besar bersejarah, nama pahlawan, nama menteri , nama presiden yang pernah menjabat, soal matematika dasar, dll. Saran saya , sebaiknya teman-teman lebih sering membaca soal-soal pengetahuan umum. Disini saya sudah memberikan beberapa artikel ,semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. ^^

pengetahuan umum tentang berdirinya PASKIBRA
Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Anggotanya berasal dari pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus di beberapa tingkat wilayah, provinsi, dan nasional.
Lambang
Lambang dari organisasi paskibraka adalah bunga teratai
  • tiga helai daun yang tumbuh ke atas: artinya paskibra harus belajar, bekerja, dan berbakti
  • tiga helai daun yang tumbuh mendatar/samping: artinya seorang pakibra harus aktif, disiplin, dan bergembira
Sejarah
Gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Pada saat itulah, di benak Mutahar terlintas suatu gagasan bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa.
Tetapi, karena gagasan itu tidak mungkin terlaksana, maka Mutahar hanya bisa menghadirkan lima orang pemuda (3 putra dan 2 putri) yang berasal dari berbagai daerah dan kebertulan sedang berada di Yogyakarta. Lima orang tersebut melambangkan Pancasila. Sejak itu, sampai tahun 1949, pengibaran bendera di Yogyakarta tetap dilaksanakan dengan cara yang sama.
Ketika Ibukota dikembalikan ke Jakarta pada tahun 1950, Mutahar tidak lagi menangani pengibaran bendera pusaka. Pengibaran bendera pusaka pada setiap 17 Agustus di Istana Merdeka dilaksanakan oleh Rumah Tangga Kepresidenan sampai tahun 1966. Selama periode itu, para pengibar bendera diambil dari para pelajar dan mahasiswa yang ada di Jakarta.
Tahun
1967, Husein Mutahar dipanggil presiden saat itu, Soekarno, untuk menangani lagi masalah pengibaran bendera pusaka. Dengan ide dasar dari pelaksanaan tahun 1946 di Yogyakarta, beliau kemudian mengembangkan lagi formasi pengibaran menjadi 3 kelompok yang dinamai sesuai jumlah anggotanya, yaitu:
  • Kelompok 17 / pengiring (pemandu),
  • Kelompok 8 / pembawa (inti),
  • Kelompok 45 / pengawal.
Jumlah tersebut merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 (17-8-45). Pada waktu itu dengan situasi kondisi yang ada, Mutahar hanya melibatkan putra daerah yang ada di Jakarta dan menjadi anggota Pandu/Pramuka untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera pusaka. Rencana semula, untuk kelompok 45 (pengawal) akan terdiri dari para mahasiswaAKABRI (Generasi Muda ABRI) namun tidak dapat dilaksanakan. Usul lain menggunakan anggota pasukan khususABRI (seperti RPKAD, PGT, marinir, dan Brimob) juga tidak mudah. Akhirnya diambil dari Pasukan Pengawal Presiden (PASWALPRES) yang mudah dihubungi karena mereka bertugas di Istana Negara Jakarta.
Mulai tanggal 17 Agustus
1968, petugas pengibar bendera pusaka adalah para pemuda utusan provinsi. Tetapi karena belum seluruh provinsi mengirimkan utusan sehingga masih harus ditambah oleh ex-anggota pasukan tahun 1967.
Pada tanggal
5 Agustus1969, di Istana Negara Jakarta berlangsung upacara penyerahan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan reproduksi Naskah Proklamasi oleh Suharto kepada Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I seluruh Indonesia. Bendera duplikat (yang terdiri dari 6 carik kain) mulai dikibarkan menggantikan Bendera Pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1969 di Istana Merdeka Jakarta, sedangkan Bendera Pusaka bertugas mengantar dan menjemput bendera duplikat yang dikibar/diturunkan. Mulai tahun 1969 itu, anggota pengibar bendera pusaka adalah para remaja siswa SLTA se-tanah air Indonesia yang merupakan utusan dari seluruh provinsi di Indonesia, dan tiap provinsi diwakili oleh sepasang remaja.
Istilah yang digunakan dari tahun
1967 sampai tahun 1972 masih "Pasukan Pengerek Bendera Pusaka". Baru pada tahun 1973, Idik Sulaeman melontarkan suatu nama untuk Pengibar Bendera Pusaka dengan sebutan PASKIBRAKA. PAS berasal dari PASukan, KIB berasal dari KIBar mengandung pengertian pengibar, RA berarti bendeRA dan KA berarti PusaKA. Mulai saat itu, anggota pengibar bendera pusaka disebut Paskibraka.
januari
Februari
01 » Tahun Baru Masehi
01 » Hari Perdamaian Dunia
05 » HUT Korps Wanita Angkatan Laut
10 » Hari Tritura
10 » Hari Lingkungan Hidup Indonesia
15 » Hari Peristiwa Laut atau Samudera
25 » Hari Gizi
25 » Hari Kusta Internasional
02 » Hari Lahan Basah Sedunia (konvensi Ramsar)
09 » Hari Pers Nasional
13 » Hari Farmasi
Maret
April
01 » Hari Kehakiman Indonesia
06 » Hari Kostrad
06 » Hari Konvensi CITES (perdagangan satwa liar)
08 » Hari Wanita Internasional
09 » Hari Wanita Indonesia
10 » Hut PARFI
11 » Hari Surat Perintah 11 Maret (Supersemar)
18 » Hari Arsitektur Indonesia
20 » Hari Kehutanan Dunia
22 » Hari Air Internasional
23 » Hari Metereologi Sedunia
24 » Hari Peringatan Bandung Lautan Api
30 » Hari Film Indonesia
01 » HUT Bank Dunia
06 » Hari Nelayan Indonesia
07 » Hari Kesehatan Indonesia
09 » Hari Penerbangan Nasional
19 » Hari HANSIP
21 » Hari Kartini
22 » Hari Bumi / Earth Day / KTT Bumi
24 » Hari Angkutan Nasional
27 » Hari Lembaga Pemasyarakatan Indonesia
Mei
Juni
01 » Hari Buruh Internasional
01 » Hari Peringatan Pernbebasan Irian Barat
02 » Hari Pendidikan Nasional
03 » Hari Surya
05 » Hari Lembaga Sosial Desa
08 » Hari Palang Merah Internasional
11 » Hari POM TNI
17 » Hari Buku Nasional
20 » Hari Kebangkitan Nasional
01 » Hari Lahirnya Pancasila
03 » Hari Pasar & Modal Indonesia
05 » Hari Lingkungan Hidup Sedunia
21 » Hari Krida Pertanian
22 » HUT Kota Jakarta
23 » Hari Konvensi Bonn
24 » Hari Bidan Indonesia
29 » Hari keluarga Nasional
Juli
Agustus
01 » Hari Bhayangkara
01 » Hari Anak-anak Indonesia
05 » Hari Bank Indonesia
09 » Hari Peluncuran Satelit Palapa
12 » Hari Koperasi Indonesia
22 » Hari Kejaksaan
23 » Hari Anak Nasional
08 » Hari ASEAN
10 » Hari Veteran Nasional
14 » Hari Pramuka
17 » Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
18 » Hari Konstitusi Indonesia
19 » Hari Departemen Luar Negeri
21 » Hari Maritim Nasional
24 » HUT TVRI
September
Oktober
01 » Hari POLWAN
04 » Hari Pelanggan Nasional (mulai 2003)
08 » Hari Aksara
08 » Hari Pamong Praja
09 » Hari Olahraga Nasional
11 » Hari Radio Republik Indonesia
17 » Hari Perhubungan Nasional
24 » Hari Agraria Nasional / Hari Tani
27 » Hari ParPostel
28 » Hari Kereta Api
29 » Hari Sarjana
30 » Hari Pemberontakan PKI
01 » Hari Kesaktian Pancasila
05 » HUT Tentara Nasional Indonesia
09 » Hari Surat Menyurat Internasional
14 » Hari Pangan Sedunia
15 » Hari Hak Asasi Binatang
16 » Hari Parlemen RI
24 » HUT PBB
24 » Hari Dokter Indonesia
27 » Hari Penerbangan Nasional
28 » Hari Sumpah Pemuda
30 » Hari Keuangan
Nopember
Desember
03 » Hari Kerohanian
10 » Hari Pahlawan
12 » Hari Kesehatan Nasional
14 » Hari BRIMOB
16 » Hari Konferensi Warisan Dunia
21 » Hari Pohon
25 » Hari Guru / HUT PGRI
01 » Hari AIDS sedunia
03 » Hari Penderita Cacat
10 » Hari HAM
15 » Hari Infantri
15 » Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
19 » HUT Tentara Nasional Indonesia
20 » Hari Sosial
22 » Hari Ibu
29 » Hari Keanekaragaman Hayati


2 komentar:

  1. Wah semoga saya bisa ikut berpartisipasi seleksi untuk tahun ini dengan baik... terima kasih tips-tipsnya :)

    BalasHapus
  2. berarti kelas 3 gak bisa dong?

    BalasHapus