Pages

Minggu, 03 Februari 2013

Pidato Hari Pendidikan Nasional (B.Indonesia)


  
  
            Selamat siang,Yang Terhormat Kepala SMA N 1 Negara ,Yang saya hormati guru-guru SMA N 1 Negara dan teman-teman sekalian yang saya cintai ,
            petama-tama saya ingin mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesempatan yang diberikan kepada saya pada hari ini. Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak, ibu dan teman-teman dalam acara memperingati Hari PendidikanNasional. Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbicara mengenai suatu topik, yaitu untuk pentingnya memiliki cita-cita sehingga dapat memotivasi siswa siswi dalambelajar.Apa itu cita-cita? Pentingkah memiliki cita-cita? Cita-cita adalah tujuan yang ingin dicapai dan kita akan berusaha untuk menggapainya. Bila kita tidak memiliki cita-cita, kita tidak memiliki tujuan dalam hidup ini. Kita tidak tau apa yang akan kita lakukan dalam hidup ini. Hidup tanpa cita-cita seperti berjalan tanpa arah, kita tidak tahu apa tujuan kita berjalan, kemana kita berjalan. Seperti kita ingin pergi menonton film di bioskop, maka kita akan pergi ke mall, lalu berjalan menuju bioskop, membeli tiket dan akhirnya menonton. Kita melalukan hal tersebut karena kita memiliki tujuan yaitu nonton. Apabila kita tidak memiliki tujuan, maka ketika kita di mall, kita hanyaakan berkeliling mall dan jalan-jalan tanpa arah yang jelas.Cita-cita sangat penting dalam hal apapun, sebab cita-cita tersebut akan mengarahkan kemana kita akan melangkah. Dengan adanya cita-cita, maka kita memiliki suatu target yang akan dicapai sehingga kita akan berusaha untuk mencapai target itu.Cita–cita memang akan memudahkan kita dalam melangkah, tapi kalau kita tidak pernah melangkah, cita-cita tersebut akhirnya hanya akan menjadi cita-cita, tanpa menjadi kenyataan. Oleh karena itu, kita jangan hanya bercita-cita, tapi kita harus melakukan tindakan yang nyata. Tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan belajar. Dengan belajar, kita akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga terbuka lebih banyak kesempatan bagi kita untuk mencapai cita-cita itu sendiri.Bila kita memiliki cita-cita, kita akan memiliki semangat belajar yang tinggi karena kita tau kita belajar untuk mencapai cita-cita kita. Jika kita tidak memiliki cita-cita, maka tidak ada motivasi dalam diri kita untuk belajar. Kita akan menganggap bahwa belajar itu membosankan dan melelahkan. Kita tidak mengerti apa fungsinya kita belajar. Cita-cita tersebut sebagai dorongan bagi kita untuk terus belajar dan berprestasi. Dengan memiliki cita cita, kita akan belajar sebaik-baiknya dan tidak merasa terbebani sehingga belajar tersebut menjadikan kita lebih berkembang dan maju.Oleh sebab itu, cita-cita itu sangatlah penting agar kita lebih termotivasi dalam belajar.
            Saya berharap agar teman-teman dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan mencapai cita-cita kalian. Terima kasih atas perhatian bapak, ibu dan teman-teman sekalian. Bila ada kata-kata yang tidak berkenan, saya minta maaf. Sekain dari saya, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar